Rabu, 23 Januari 2013

niat nikah



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم

نِيَّاتُ التَّزْوِيْج
وَيَنْبَغِي لِمَنْ أَرَادَ أَنْ يَتَزَوَّجَ أَنْ يَنْوِيَ بِتَزْوِيْجِهِ إِتِّبَاعَ السُّنَّةِ وَتَكْثِيْرِ أُمَّةِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وآلِهِ وَسَلَّم وَالْقِياَمَ بِحُسْنِ الرِّعاَيَةِ عَلَى الزَّوْجَة وَحِفْظَ الدِّيْن، وَرَجَاءَ وَلَدًا صَالِحًا يَدْعُوْ لَه، لِقَوْلِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وآلِهِ وَسَلَّم: "إِنَّمَا اْلأَعْماَلُ بِالنِّيَّات وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِءٍ مَا نَوَى".

Sepatutnya bagi orang yang hendak melaksanakan perkawinan untuk berniat dalam perkawinannya yaitu semata-mata mengikut sunnah dan memperbanyak ummat Nabi saaw serta menjalankankan pengayoman terhadap istri dengan baik, juga demi memelihara agama, serta sebagai mengharap untuk mendapat anak yang soleh agar kelak mendoakannya, hal ini sebagaimana sabda Nabi saaw: “Seluruh amal dilandasi dengan niat dan bahwasanya bagi setiap orang akan memperoleh apa yang ia niatkan”.


وَهٰذِهِ النِّيَّاتِ التَّزْوِيْجِ لِلشَّيْخ عَلِي ابْنِ أَبِي بَكْرٍ السَّكْرَان رَضِيَ اللهُ عَنْه
Dibawah ini adalah niat-niat yang disusun oleh Assyech ‘Ali bin Abibakr Assakroon ra.



نَوَيْتُ بِهٰذِهِ التَّزْوِيْج وَالزُّوَاج مَحَبَّةَ الله عَزَّ وَجَلَّ وَالسَّعْيَ فِي تَحْصِيْلِ الْوَلَدِ لِبَقَاءِ جِنْسِ اْلإِنْسَان.

Aku berniat dengan perkawinan dan pernikahan ini (karena) kecintaan (kepada) ALLOH Yang Maha Mulia lagi Maha Besar dan berupaya untuk memperoleh anak demi kelanggengan bangsa manusia.


نَوَيْتُ مَحَبَّةَ رَسُوْلِ الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم فِي تَكْثِيْرِ مُباَهَاتِه لِقَوْلِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم: "تَنَاكَحُوا تَكْثُرُوا فَإِنِّي مُبَاهٍ بِكُمُ اْلأُمَمَ يَوْمَ الْقِياَمَة".

Aku (juga) berniat (karena) kecintaan (kepada) Rosulullah saaw didalam menambah kewibaan Rosululloh saaw (dengan banyaknya ummat), berdasarkan sabda beliau: “Menikahlah kalian, berbanyak-banyaklah kalian (dalam berketurunan), maka sungguh aku semakin berwibawa dengan banyaknya kalian dihadapan ummat-ummat lain pada hari kiamat”.

نَوَيْتُ بِهٰذِهِ التَّزْوِيْج وَمَا يَصْدُرُ مِنِّي مِنْ قَوْلٍ وَفِعْلٍ التَّبُرُّكَ بِدُعَاءِ الْوَلَدِ الصَّالِح بَعْدِي وَطَلَبِ الشَّفاَعَةِ بِمَوْتِهِ صَغِيْرًا إِنْ مَاتَ قَبْلِي.

Aku berniat (pula) dengan perkawinan ini dan segala yang timbul dariku baik ucapan dan perbuatan sebagai (mengharap) barokah dengan dari doa anak yang soleh sepeninggalku dan mengharap syafa’at dengan (sebab) kematiannya pada waktu kecil jikalau dia mati sebelumku.
نَوَيْتُ بِهٰذِهِ التَّزْوِيْج التَّحَصُّنَ مِنَ الشَّيْطَان وَكَسْرَ التَّوْقَان وَكَسْرَ غَوَائِلِ الشَّرِّ وَغَضَّ الْبَصَر وَقِلَّةَ الْوَسْوَاس.
Aku berniat (juga) dengan perkawinan ini (sebagai) benteng daripada syaiton dan (sebagai) pengendalian keinginan (syahwat) serta (demi) mengalahkan tipu daya kejahatan juga (demi) menjaga pandangan dan (demi) mengurangi kebimbangan.


نَوَيْتُ حِفْظَ الْفَرْج مِنَ الْفَوَاحِش.
Aku berniat manjaga kemaluan dari perbuatan-perbuatan keji.

نَوَيْتُ بِهٰذِهِ التَّزْوِيْج تَرْوِيْحَ النَّفْس وَإِيْنَاسَهَا بِالْمُجَالَسَة وَالنَّظَر وَالْمُلاَعَبَة وَرَاحَةً لِلْقَلْب وَتَقْوِيَةً لَهُ عَلَى الْعِباَدَة.
Aku berniat (pula) dengan perkawinan ini untuk menenangkan jiwa dan menghiburnya dengan berdampingan (bersama istri) dan (dengan) memandang(nya) dan (dengan) bercumbu rayu serta (demi) menenangkan hati juga (demi) memperkuat hati dalam beribadah.
نَوَيْتُ بِهِ تَفْرِيْغَ الْقَلْب عَنْ تَدْبِيْرِ الْمَنْزِل وَتَكَفُّلَ بِشُغْلِ الطَّبْخ وَالْكَنْس وَالْفَرْش وَتَنْظِيْفِ اْلأَوَانِي وَتَهَيُّئَةَ أَسبَابِ الْمَعِيْشَة.
Dengannya (pula) aku berniat untuk melapangkan hati dari (sibuk dalam) mengurus rumah dan (demi supaya) ada yang menanggung dalam kesibukan memasak, menyapu dan (dalam merapikan) alas tidur, juga (demi supaya ada yang)  membersihkan bejana-bejana (piring, mangkok, gelas dll), serta (aku berniat dari pernikahan ini supaya) tersediakan sebab-sebab penghidupan.

وَنَوَيْتُ بِهِ مُجَاهَدَةَ النَّفْس وَرِيَاضَتَهَا بِالرِّعَايَة وَالْوِلاَيَة وَالْقِيَامِ بِخِدْمَةِ اْلأَهْل وَالصَّبْر عَلَى أَخْلاَقِهِم وَاحْتِمَالِ اْلأَذَى مِنْهُنَّ وَالسَّعْيِ فِي إِصْلاَحِهِنَّ وَإِرْشَادِهِنَّ إِلَى طَرِيْقِ الْخَيْر وَاْلإِجْتِهَادِ فِي طَلَبِ الْحَلاَلِ لَهُنَّ وَاْلأَمْرِ بِتَرْبِيَةِ اْلأَوْلاَدِ وَطَلَبِ الرِّعَايَةِ مِنَ اللهِ عَلَى ذَلِكَ وَالتَّوْفِيْقِ لَهُ وَاْلإِنْطِرَاحِ بَيْنَ يَدَيْه وَاْلإِفْتِقَارِ فِي تَحْصِيْلِه.
Dengannya (pula) aku berniat melawan hawa nafsu dan melatihnya didalam memelihara dan melindungi juga membantu keluarga, serta bersabar atas perilaku mereka, juga bersabar menghadapi gangguan dari mereka, serta berusaha didalam memperbaiki mereka dan mengarahkan menuju jalan yang baik, juga berupaya didalam mencari (nafkah) yang halal untuk mereka dan didalam mengurus pendidikan anak-anak, serta (bersungguh-sungguh di dalam) memohon dari ALLOH atas hal tersebut (dan untuk mendapatkan) pertolongan untuk hal itu, serta kepasrahan kepadanya dan amat membutuhkan didalam memperolehnya.
نَوَيْتُ هٰذَا كُلَّهُ لِلَّهِ تَعَالَى. نَوَيْتُ هٰذَا وَغَيْرَهُ مِنْ جَمِيْعِ مَا أَتَصَرَّفُ فِيْهِ وَمَا أَقُوْلُه وَمَا أَفْعَلُه فِي هٰذَا التَّزْوِيْج لِلَّهِ تَعَالَى. وَنَوَيْتُ بِهٰذَا التَّزْوِيْج مَا نَوَى بِهِ عِباَدُكَ الصَّالِحُوْن وَالْعُلَمَاءُ الْعَامِلُوْن.
Aku berniat semua ini karena ALLOH swt. Aku berniat ini dan selainnya daripada seluruh yang aku lakukan didalamnya dan segala yang aku ucapkan dan aku lakukan dalam pernikahan (semata-mata) karena ALLOH swt. Dan aku berniat dengan perkawinan ini seperti yang telah diniatkan oleh hamba-hambaMu yang sholeh dan para ulama yang mengamalkan ilmu mereka.


اَلدُّعَاء
اَللّٰهُمَّ وَفِّقْنا كَمَا وَفَّقْتَهُمْ وَأَعِنَّا كَمَا أَعَنْتَهُم وَاتْمِمْ لَنا تَقْصِيْرَنا وَتَقَبَّلْ مِنَّا وَلا تَكِلْنا إِلَى أَنْفُسِنا طَرْفَةَ عَيْنٍ وَاصْلِحْ لَنا ذٰلِكَ كُلَّهُ بِمَنِّكَ وَكَرَمِكَ في خَيْرٍ وَلُطْفٍ وَعَافِيَة. اَللّٰهُمَّ اغْفرْ لَنا وَارْحَمْنا وَارْضَ عَنّا وَتَقَبَّلْ مِنَّا وَادْخِلْنا الْجَنَّةَ وَنَجِّنا مِنَ النَّار وَاصْلِحْ لَنا شَأْنَنا كُلَّهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ لِي في هٰذا التَّزْويج وَفي جَمِيْعِ أَشْياءِ الْعَوْنَ وَالْبَرَكَة وَالسَّلامَة، وَسَلِّمْنِي مِنْ أَنْ تُشْغِلَنِي عَنكَ وَأَنْ لا تَحُوْلَ بَيْنِي وَبَيْنَ طَاعَتِكَ وَاجْعَلْ لِي فِيْهِ الْكَفَافَ وَالْعَفَاف. اَللّٰهُمّ َإِنِّي وَحَرَكَتِي وَسُكُوْتِي وَدِيْعَةٌ فاَحْفَظْنِي أَيْنَما كُنْتُ وَتَوَلَّنِي بِتَولِيَّتِكَ الَّتِي تَوَلَّيْتَ بِهَا عِبادَكَ الصَّالِحِيْن. اَللّٰهُمَّ أَعِنّا وَوَالِدِيْنا وَأَوْلادِنا وَأَزْوَاجِنا وَمَشَايِخِنا وَإِخْوانِنا وَجَمِيْعِ قَرَابتِنا وَأَرْحَامِنا وَجَمِيْعِ أَصْحابِ الْحُقُوْق وَمَنْ لَهُ أَدْنَى الْحَقّ. اَللّٰهُمَّ أَعِنّا وَإِيَّاهُمْ عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبادَتِك يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن. اَللّٰهُمَّ اهْدِنا وَوَفِّقْنا وَإِيَّاهُم يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن. اَللّٰهُمَّ احْيِنا وَإِيَّاهُم عَلَى الْكِتَابِ وَالسُّنَّة يَاذَاالْجَلالِ وَالإِكْرَام. اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ لَنَا وَلَهُم حُسْنَ الْخَاتِمَة فِي خَيْرٍ وَلُطْفٍ وَعَافِيَة، وَانْفَعْنا بِالْقَبُولِ مِنّا وَمَا قَرَّبنا إِلَيْكَ آمِيْن.
وَصَلِّ بِجَلالِكَ عَلَى أَشْرَفِ الْمُرْسَلِيْنَ مُحَمَّد خَاتَمِ النَّبِيِّيْن وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسلِّم. وَالْحمدُلله ربِّ العالَمين.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar