Jumat, 25 Januari 2013

contoh proposal perencanaan bisnis



A.    Latar belakang
Di tengah sulitnya mencari lowongan pekerjaan, alternatif lain adalah dengan membuka sendiri lowongan pekerjaan tersebut. Selain bisa membatu diri sendiri, dengan membuka sebuah pekerjaan baru berarti ikut serta memberikan kesempatan kepada orang lain untuk mendapatkan pekerjaan. Peluang pekerjaan yang di buka tersebut tidak lah harus sebuah pekerjaan yang besar dengan gaji yang besar setiap bulannya karena tujuan utama adalah memberikan kesempatan kepada diri sendiri untuk mencoba untuk memulai sebuah bisnis baru dan memberikan lowongan pekerjaan bagi orang lain. Selain itu bisnis tersebut masih dapat dijalankan sambil menyelesaikan studi di perguruan tinggi.
B.     Nama Usaha
Sebuah usaha yang dirintis berupa tempat minuman yang menyajikan berbagai macam jenis jus sebagai menu utamanya. Di samping itu terdapat juga menu-menu pendukung lain es campur, sup buah, roti bakar, makanan ringan dan lain-lain. Inovasi akan terus berlanjut seiring dengan perkembangan usaha ini kedepannya. Untuk nama usaha ini sendiri di beri nama Aneka Jus Ceria.
C.    Tempat Usaha
Setelah melakukan tahapan pencarian dan berbagai pertimbangan, tempat yang memungkinkan dimulainya usaha adalah di Ru-ko di depan kampus IAIN Antasari Km. 4,5 Banjarmasin. Di mana Daerah ini dinilai cukup strategis kerena tepat berada di pinggiran jalan A. Yani, selain itu di lokasi ini terdapat banyak Mahasiswa yang kuliah di IAIN Antasari dan sebagai tempat arus lalu larang orang kerja yang membutuhkan tempat istrahat sejenak melepas peniknya beban pekerjaan. Dan belum ada tempat minuman aneka jus di daerah tersebut.
D.    Waktu Operasional
Waktu operasional tempat minuman aneka jus ini direncanakan mulai pukul 10.00 WITA hingga pukul 18.00 WITA, namun jam operasional ini tidak terpaku pada waktu tersebut saja karena dalam keadaan tertentu dapat berubah mengikuti situasi sekitar tempat usaha.
E.     Anggaran Dana
Rencana anggaran dana yang akan digunakan untuk bisnis ini lebih kurang sejumlah Rp. 21.400.000,- dengan perincian sebagaimana sebagaimana di bawah ini
Rencana Pengeluaran Bulan Pertama
Anggaran Biaya
1.      Sewa tempat (minimal 6 bulan)
Rp. 7.500.000,-
2.      Meja & Kursi (10 pasang @ Rp. 200.000,- )
Rp. 2.000.000,-
3.      Kipas Angin ( 4 buah @ Rp. 350.000,-)
Rp. 1.500.000,-
4.      Modal Awal Bahan Makanan ( 1 bln @ Rp 150,000/hari )
Rp. 4.500.000,-
5.      Karyawan ( 2 orang @ Rp 350.000,- / bln)
Rp. 700.000,-
6.      Gelas, Mangkok, piring, sendok, dll
Rp. 1.000.000,-
7.      Peralatan pembuat minuman
Rp. 1.000.000,-
8.      Spanduk, Brosur, dll
Rp. 700.000,-
9.      Operasional listrik, air, (1 bln)
Rp. 500.000,-
10.  Biaya tidak terduga
Rp. 2.000.000,-
Jumlah
Rp. 21.400.000,-

F.     Kerjasama Dengan Investor
Mengingat potensial market yang ditawarkan pada proposal ini cukup menarik, kami ingin menawarkan beberapa tawaran kerja sama bagi para investor. Adapun bentuk kerja sama-nya antara lain :
1.      Investor Tunggal yang ingin mang-investasikan sejumlah dana sesuai dengan seluruh kebutuhan dari usaha ini. Dan akan bagi hasil sejumlah 100% dari omzet per bulan setelah dikurangi biaya operasional termasuk pelaksana usaha ini. Ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu dan dibicarakan dengan jalan kekeluargaan.
2.      Investor ingin mang-investasikan sejumlah dana yang merupakan sebagian dari seluruh dana yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini. Bagi hasil yang diterima akan di persentase-kan dengan investor lain setelah dikurangi biaya operasional termasuk pelaksana usaha ini. Ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu dan dibicarakan dengan jalan kekeluargaan.
Prinsip yang digunakan dalam usaha ini adalah persentase proporsional terhadap dana yang ditanamkan demi kelangsungan usaha ini. Pelaksana operasional memiliki persentase sejumlah xx % dari omset bulanan (akan dibahas secara kekeluargaan). Dan akan berubah seiring perkembangan waktu dan kondisi, seperti; terjadi rugi di bulan-bulan awal, penambahan biaya operasional, dan lain sebagainya.

1 komentar: