Senin, 11 Februari 2013

peranan teknologi modern dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia



KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan kasihNya, atas anugrah hidup dan kesehatan yang telah kami terima, serta shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Nabi kita seperti derasnya hujan yang menyirami bumi.
Alhamdulillah petunjuk dan pertolongan dari Allah semata kami dapat menyelesaikan makalah ini. Di dalam makalah ini kami selaku penyusun hanya berusaha menyajikan judulPeranan Teknologi Modern Dalam Memenuhi Kebutuhan Hidup Manusia
Harapan saya, semoga makalah ini membawa manfaat bagi kita, setidaknya  untuk sekedar membuka cakrawala berpikir kita tentang peran teknologi di jaman sekarang ini.
Akhir kata, saya sampaikan terima kasih kepada semua  pihak yang telah membantu dalam proses pembuatan ini.


Banjarmasin, Oktober 2011



Penyusun




BAB I
A.    Pedahuluan
Salah satu konflik dunia yang paling menghebohkan untuk saat ini adalah konflik yang terjadi antara India dan Pakistan dalam memperebutkan wilayah Kashmir. Disebut paling menghebohkan, karena konflik yang pada tahun 1948, 1965, dan 1975 menyebabkan perang terbuka di antara kedua negara ini melibatkan upaya-upaya kedua negara dalam mengembangkan salah satu teknologi terhebat dunia saat ini, yaitu nuklir. Perlombaan persenjataan nuklir India-Pakistan ini menimbulkan kekhawatiran mendalam tentang kemungkinan perang nuklir, yang tidak saja dapat menghancurkan kedua negara, tetapi juga mencelakakan Asia Selatan maupun dunia.
Kejadian di atas adalah salah satu dampak buruk dari pengembangan ilmu pengetahuan yang menghasilkan teknologi. Mencermati kejadian di atas, apakah ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai hasil pengembangannya akan menghancurkan kehidupan kita di muka bumi ini? Padahal ilmu pengetahuan lahir dan hadir di tengah-tengah manusia untuk melakukan pencerahan. Tetapi mengapa ilmu pengetahuan dan teknologi kemudian malah menimbulkan tanda-tanda kehancuran bagi umat manusia?
Dalam makalah ini, kami akan mengulas bagaimana sesungguhnya peran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan manusia? Serta mengapa ilmu pengetahuan dan teknologi untuk saat ini, malah menimbulkan berbagai kegoncangan di muka bumi, di samping tentunya ada juga sisi positifnya?
Nurcholish Madjid menyatakan, bahwa teknologi modern sebagai anak kandung ilmu pengetahuan dan pilihan-pilihannya mengandung masalah yang tidak boleh dipandang enteng.


RUMUSAN MAKALAH
1.      Apa tujuan awal ilmu pengetahuan ?
2.       
3. TUJUAN PEMBUATAN MAKALAH
Adapun tujuan dari pembuaan makalah yang berjudul peradaban Islam Rosululloh SAW periode mekah (610-622M) adalah sebagai berikut:
1.        Mengetahui kehidupan rasulullah sebelum menerima risalah.
2.        Mengetahui bagaimana cara Rosululloh SAW menyampaikan dakwahnya ketika di Makkah.

BAB II
PENDAHULUAN
A.    Tujuan Awal Ilmu Pengetahuan
Perkembangan sejarah manusia selalu diwarnai oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang melingkupinya. Hal ini tentunya berbanding lurus dengan upaya manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Dan teknologi adalah sarana yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhannya.
Secara definitif, ilmu adalah pengetahuan yang membantu manusia dalam mencapai tujuan hidupnya. Maka, patutlah dikatakan, bahwa peradaban manusia sangat bergantung kepada ilmu dan teknologi. Berkat kemajuan dalam bidang ini,  pemenuhan kebutuhan manusia bisa dilakukan secara lebih cepat dan lebih mudah. Secara lebih spesifik, Eugene Staley menegaskan bahwa teknologi adalah sebuah metode sistematis untuk mencapai setiap tujuan insani.
Pada tahap selanjutnya, seiring dengan perkembangan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan turunannya yang berbentuk teknologi ini, meluas bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan manusia secara sempit. Pemanfaatan teknologi meluas pada upaya penghapusan kemiskinan, penghapusan jam kerja yang berlebihan, penciptaan kesempatan untuk hidup lebih lama dengan perbaikan kualitas kesehatan manusia, membantu upaya-upaya pengurangan kejahatan, peningkatan kualitas pendidikan, dan sebagainya.
Bahkan secara lebih komprehensif, ilmu pengetahuan dan teknologi juga dimanfaatkan pemerintah dalam menunjang pembangunannya. Misalnya dalam perencanaan pembangunan, organisasi pemerintah dan administrasi negara untuk pembangunan sumber-sumber insani, dan teknik pembangunan dalam sektor pertanian, industri, dan kesehatan.
Puncaknya, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, bukan saja membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Lebih jauh, ilmu pengetahuan dan teknologi berhasil mendatangkan kemudahan hidup bagi manusia. Bendungan, kalkulator, mesin cuci, kompor gas, kulkas, HP, TV, tape recorder, telepon, komputer, satelit, pesawat terbang, merupakan produk-produk teknologi yang, bukan saja membantu manusia memenuhi kebutuhan hidupnya, tetapi membuat hidup manusia semakin mudah.
Manfaat-manfaat inilah yang mula-mula menjadi tujuan manusia mengembangkan ilmu pengetahuan hingga menghasilkan teknologi. Mulai dari teknologi manusia purba yang paling sederhana berupa kapak dan alat-alat sederhana lainnya. Sampai teknologi modern saat ini, yang perkembangannya jauh lebih pesat dari perkembangan teknologi sebelumnya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini sanggup membawa berkah bagi umat manusia berupa kemudahan-kemudahan hidup, yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan dalam benak manusia.
B.     Dampak Terhadap Kebutuhan Manusia
1.      Dampak Terhadap Kebutuhan Pokok Manusia
Ilmu pengetahuan terus berkembang dengan pesat sehingga orang tidak mungkin mempelajarinya secara teknologi. Teknologi menghasilkan kebudayaan yang semakin tinggi dan berhasil menyelamatkan manusia dari berbagai krisis yang akan memusnahkan. Science dan teknologi selalu saling menunjang sehingga dapat berrkembang dengan pesat.
Ciri-ciri terjadinya suatu proses pembudayaan teknologi
a.       Pemikiran dan penemuan mula-mula timbul dari kalangan masyarakat sendiri.
b.      Jika tidak, maka perkembangan pemikiran dan penemuan selanjutnya tumbuh di kalangan masyarakat sendiri.
c.       Dapat menyelesaikan sendiri persoalan dan tantangan baru yang disebabkan oleh penggunaan penemuan dan pemikiran tersebut.
d.      Sebanyak mungkin mengunakan bahan-bahan yang terdapat di dalam masyarakat tersebut.
Dampak yang ditimbulkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan alam  dan teknologi ada yang bersifat positif dan ada yang bersifat negatif. Dalam bidang pangan (makanan) yang bersifat positif seperti Ditemukannya bibit unggul yang dalam waktu singkat dapat diproduksi berlipat ganda dan Digunakannya bioteknologi untuk merangsang tumbuhnya daun, bunga, atau buah sehingga tumbuh lebih banyak. Sedangkan dampak yang bersifat negatif misalnya pemakaian pestisida, ternyata tidak saja memberantas hama tanaman, tetapi juga dapat membunuh hewan ternak, dapat meracuni hasil panen, dan bahkan meracuni manusia sendiri. Setiap penggunaan teknologi maju selalu disertai adanya dampak negatip. Oleh kerena itu, kesadaran dan tanggung jawab kita dituntut lebih tinggi agar efek negatif dari kemajuan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dapat ditekan sampai sekecil mungkin. Dalam bidang sandang (pakaian) dapat Menolong manusia dalam pengadaan sandang dengan adanya mesin tekstil sehingga mempercepat proses pembuatan pakaian. Sedangkan yang bersifat negatif seperti plastik kalau menjadi sampah tidak dapat dihancurkan oleh bakteri-bakteri pembusuk dan Sampah plastik kalau dibakar akan menyebabkan menipisnya lapisan ozon. Namun, jika tidak dibakar, dapat mencemarkan tanah sehingga mengurangi kesuburan tanah. Dalam bidang papan (tempat tinggal) seperti Dengan menerapkan teknologi maju, manusia mampu membangun rumah dan gedung-gedung pencakar langit. Orang tidak lagi menggunakan tangga, tetapi cukup dengan menekan tombol dan dalam beberapa detik saja orang sudah sampai di lantai yang dituju. Sedangkan akibatnya Dengan peralatan modern, orang dengan sangat mudah membabat hutan untuk pembangunan rumah, gedung dan sebagainya. Akibatnya hutan menjadi gundul dan jika terjadi banjir, erosi dan hilangnya kesuburan tanah hingga pada akhirnya menyengsarakan manusia itu sendiri. Dan banyaknya pengangguran akibat tenaga manusia tidak dipakai lagi.
2.      Dampak Terhadap Pendayagunaan Sumber Daya Alam
Pemanfaatan perkembangan IPA dan teknologi dapat digunakan untuk menaikan kualitas suatu barang seperti dalam bidang pertanian orang dapat mengetahui syarat tumbuhnya suatu tanaman dan dalam bidang industri orang dapat mengolah minyak kelapa sawit dengan temperatur yang tepat sehingga tidak banyak minyak yang terbuang (menguap) dan jumlah minyak yang tertinggal dalam ampas juga semakin berkurang.
3.      Dampak terhadap sumber daya alam
a.       Minyak, merupakan sumberdaya alam yang paling utama dalam memenuhi kebutuhan energi dunia. Pada suatu saa minyak bumi akan habis. Maka demi melestarikan lingkungan perlu dicari cara alternatif untuk segera mengantinya. Dampak negatifnya penggalian minyak bumi mengakibatkan polusi di daerah sekitarnya.
b.      Batu bara, penambangan batubara menimbulkan dampak negatif, misalnya para penambang marabahaya yang mungkin menimpa mereka.
c.       Air, merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, namun butuh proses yang lama.
d.      Hutan, hewan dan ternak, merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, tetapi teknologi modern dapat mengakibatkan sumber daya tersebut tidak berfungsi.
e.       Tanah, merupakan sumber daya alam yang sebenarnya dapat diperbaharui, namun pemakaian yang berlebihan dapat juga menjadi rusak.

4.      Dampak terhadap sumber daya manusia
Dampak positif
a.       Mendorong manusia untuk menggunakan sumber daya alam secara lebih efektif dan efisien.
b.      Dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia kerena tersedianya sarana dan prasarana yang menunjang. Selain itu dapat meningkatkan kemakmuran dan inteligensi manusia.
Dampak  negatif
a.       Meningkatnya pengangguran.
b.      Timbulnya pencemaran yang disebabkan zat-zat radioaktik yang sangat beracun.
c.       Dapat mematikan imajinasi dan perasaan serta kejiwaan manusia.
5.      Dampak terhadap komunikasi dan transportasi
Dampak positif komunikasi dengan ditemukannya telegram (pertengahan abad ke 20), telepon (bell, 1876), pesawat radio (marconi, 1896), televisi sampai zaman sekarang internet. Dengan alat-alat ini manusia bisa dengan mudah berkomunikasi. Sedangkan dampak negatifnya apabila alat-alat tersebut digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, akan menimbulkan kehancuran di muka bumi.
Dampak positif transportasi orang dapat membuat sarana transportasi efektif dan efisien daripada alat transportasi zaman dulu seperti sepeda, motor, mobil, kereta api, kapal laut pesawat terbang dan lain-lain. Sedangkan dampak negatifnya pencemaran suara dan pencemaran udara.
6.      Dampak terhadap peningkatan kesehatan
Dampak positif dalam bidang kesehatan :
a.       Dapat meningkatkan ilmu dan fasilitas di bidang kedokteran
b.      Dapat meningkatkan teknologi obat-obotan
c.       Dapat memberantas penyakit menular
Sedangkan dampak negatifnya secara tidak langsung membantu timbulnya penyakit tertentu.
7.      Dampak terhadap pencapaian kemakmuran
Perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi melahirkan cabang pengetahuan baru :
1.      Teknik modern
2.      Teknologi hutan
3.      Teknologi gudang
4.      Teknologi transportasi
5.      Metalurgi dan lain-lain
Selain itu, Perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dapat mendatangkan kemudahan hidup. Sedangkan dampak negatifnya menyulitkan pengendalian diri.
Agar peran ilmu pengetahuan dan teknologi tidak lagi menjadi tujuan hidup manusia dan mengekploitasi kehidupan manusia, tetapi hanya sebagai sarana manusia dalam mencapai kebahagiaan hidupnya.
1.      kita harus menetapkan strategi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, agar sesuai dengan nilai-nilai budaya yang dijunjung oleh nenek moyang kita selama ini.
2.       dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, perlu diikutsertakan peran agama yang menyokong nilai-nilai moralitas. Karena pengembangan iptek tanpa didasari nilai-nilai moralitas hanya akan menciptakan bumerang yang akan mencekik penciptanya dan menimbulkan malapetaka kemanusiaan.
3.      konsep ‘Tauhid’ perlu diikutsertakan dalam mengawal pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam arti apapun yang dilakukan kita dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, harus selalu ditundukkan kepada Dzat Yang Menguasai alam semesta, yaitu Allah. Sehingga, dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, tujuan kita bukan mengeksploitasi kekayaan bumi atau memuaskan nafsu, tetapi dalam rangka beribadah kepada-Nya.
4.       ilmu pengetahuan dan teknologi jangan lagi dijadikan sebagai tujuan hidup kita. Karena semua itu hanyalah kebudayaan atau sarana kita untuk mencapai tujuan hidup yang sejati, yaitu peradaban yang diliputi kebahagiaan dan ketentraman hidup.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Teknologi semakin hari semakin berkembang pesat, tetapi tidak semua itu memberi manfaat tapi ada juga yang mengakibatkan kerusakan.
Berpuluh tahun yang lalu, seorang ilmuwan fenomenal, Albert Einstein, pernah melontarkan sebuah pesan, yang lahir dari kekhawatiran beliau akan nasib ilmu pengetahuan dan teknologi yang dihasilkan manusia. Sebuah kekhawatiran, jika iptek yang seharusnya membuat hidup manusia bahagia, justru menciptakan kehancuran bagi peradaban manusia.
“Ilmu tanpa agama adalah buta, agama tanpa ilmu adalah lumpuh.”
Marilah kita manfaatkan perkembangan teknologi ini dengan hal-hal yang positif. Jangan mudah kita terlena dengan perkembangan saat ini kerena tertinggal satu langkah saja, kita akan ketinggalan sangat jauh.













DAFTAR PUSTAKA
1.      Jasin, Maskoeri. 1991.” Ilmu Alamiah Dasar”. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
2.      Ranu Pandoyo, sumbawi. 1987.”Ilmu Alamiah Dasar”. Surabaya: Usaha Nasional.
3.      Hidayat, nur dan Mawardi. 2002.”ilmu alamiah dasar ilmu sosial dasar ilmu budaya dasar”. Bandung: Pustaka Setia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar